![]() |
informasi-pendidikan.com |
Proses belajar-mengajar merupakan
rangkaian kegiatan komunikasi antara siswa dengan guru. Proses belajar-mengajar
dikatakan efektif bila terjadi transfer belajar yaitu materi pelajaran yang
disajikan guru dapat diserap ke dalam struktur kognitif siswa. siswa dapat
mengetahui materi tersebut tidak hanya terbatas pada tahap ingatan saja tanpa
pengertian, tetapi bahan pelajaran dapat diserap secara bermakna.
Dalam pembelajaran di sekolah
khususnya yang berkaitan dengan materi PAI, guru hendaklah memilih dan
menggunakan strategi pendekatan, metode, dan tehnik yang banyak melibatkan
siswa aktif dalam belajar, baik mental, fisik, maupun sosial. Pembelajaran yang
baik adalah suatu proses belajar-mengajar dimana kegiatan tersebut berpusat
pada siswa. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang
dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Salah satu dari pemilihan strategi agar
belajar dapat efektif dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual.
Dalam pembelajaran kontekstual,
program pembelajaran lebih merupakan rencana kegiatan kelas yang dirancanag guru,
yang berisi scenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan bersama
siswanya sehubungan dengan topic yang akan dipelajarinya. Dalam makalah ini an
diterangkan lebih lanjut mengenai strategi pembelajaran kontekstual khususnya
dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Selengkapnya Klik disini
0 komentar: