Minggu, 15 Januari 2017

Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam PAI

informasi-pendidikan.com

Proses belajar-mengajar merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antara siswa dengan guru. Proses belajar-mengajar dikatakan efektif bila terjadi transfer belajar yaitu materi pelajaran yang disajikan guru dapat diserap ke dalam struktur kognitif siswa. siswa dapat mengetahui materi tersebut tidak hanya terbatas pada tahap ingatan saja tanpa pengertian, tetapi bahan pelajaran dapat diserap secara bermakna.
Dalam pembelajaran di sekolah khususnya yang berkaitan dengan materi PAI, guru hendaklah memilih dan menggunakan strategi pendekatan, metode, dan tehnik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik mental, fisik, maupun sosial. Pembelajaran yang baik adalah suatu proses belajar-mengajar dimana kegiatan tersebut berpusat pada siswa. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Salah satu dari pemilihan strategi agar belajar dapat efektif dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual.

Dalam pembelajaran kontekstual, program pembelajaran lebih merupakan rencana kegiatan kelas yang dirancanag guru, yang berisi scenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan bersama siswanya sehubungan dengan topic yang akan dipelajarinya. Dalam makalah ini an diterangkan lebih lanjut mengenai strategi pembelajaran kontekstual khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Selengkapnya Klik disini 

0 komentar: